Majalah Media Bulan September 2020

By Administrator 16 Sep 2020, 21:09:48 WIB Majalah MEDIA
Majalah Media Bulan September 2020

Pembaca MEDIA yang budiman......

Bulan September ini kita masih dalam kepungan wabah corona. Masyarakat pun masih mengalami kesulitan untuk berkegiatan di luar rumah. Hal ini dilakukan karena anjuran pemerintah di tengah pandemi ini, kita harus berkegiatan di rumah atau work from home (WFH) yang tujuannya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Bagaimanapun masyarakat masih diliputi oleh rasa ketakutan dan ketidakpastian.

Dunia pendidikan, khususnya pendidikan formal yang lumpuh telah digantikan oleh pendidikan jarak jauh, yakni belajar via online atau daring yang dilakukan guru dan siswa dari tempat tinggalnya masing-masing. Saat ini belajar online/daring bahkan telah menjadi trend selama pandemi covid-19. Dengan kondisi ini peserta didik diharapkan cepat beradaptasi dengan pembelajaran berbasis teknologi.

Praktik pembelajaran jarak jauh (PJJ), yang telah diterapkan lebih dari dua bulan terakhir tampaknya juga masih menjadi ”dunia baru” bagi para guru, mengingat kondisi kemampuan guru yang berbeda-beda dan harus menghadapi heterogennya siswa serta keluarganya. Sehingga implementasi PJJ dianggap masih belum efektif.

Dari banyaknya problem yang muncul seputar kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah selama pandemi covid-19 Mendikbud Nadiem Makarim telah menerbitkan “Kurikulum Darurat” sebagai salah satu pilihan yang bisa diambil oleh satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), mengingat durasi berlangsungnya pembelajaran jarak jauh semakin tidak pasti.

Meski saat ini sudah mulai diberlakukan pembelajaran tatap muka di beberapa sekolah yang berzona hijau, namun sifatnya masih uji coba dan belum permanen.Untuk itu, mari kita bersama-sama berdo’a agar wabah pandemi ini segera sirna sehingga segala aktivitas dapat berjalan normal kembali seperti sediakala.

Akhir kata selamat membaca dan selamat beraktivitas.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment