Majalah Media Edisi November 2023

By Administrator 04 Nov 2023, 05:54:46 WIB Majalah MEDIA
Majalah Media Edisi November 2023

Pembaca Media yang budiman......

Bulan November, ada dua momen penting, yakni peringatan Hari Pahlawan pada 10 November dan Hari Guru Nasional/HUT PGRI pada 25 November. Momen penting inilah merupakan saat yang tepat untuk merefleksi kembali, sudah sejauh manakah kapal pendidikan ini berlayar.

Generasi milenial membutuhkan penjelasan dan pemahaman bermakna hingga berujung pada penghayatan tentang nilai-nilai perjuangan bangsa. Kebutuhan ini harus ditangkap oleh guru selaku ujung tombak Pendidikan dengan mengintegrasikannya kedalam kegiatan di sekolah, diantaranya upacara dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Disamping itu, Hari Guru menjadi momentum penting bagi guru untuk melakukan resolusi kompetensi yang artinya memperbaiki kualitas kompetensinya baik kompetensi sosial, profesional, pedagogik, maupun  kepribadian. Harapannya, kualitas kinerja guru akan semakin meningkat yang berimbas pada peningkatan kualitas peserta didik. Sebab, Resolusi guru merupakan bagian dari resolusi Pendidikan, dan resolusi kinerja guru akan berimbas pula pada hasil mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lalu apa saja yang seharusnya dilakukan oleh guru untuk melakukan perbaikan? Semua itu kembali pada diri guru masing-masing yang lebih tahu apa saja kekurangan, kelemahan, kelebihan, dan hal-hal baru yang harus dilakukan.

Guru selaku ujung tombak pendidikan haruslah memiliki motivasi untuk menuntun peserta didik meraih potensi tertingginya. Proporsi tugas guru ini harus didukung oleh seluruh stakeholder pendidikan. Mulai dari pemangku kebijakan, pimpinan instansi, siswa dan walimurid. Rasanya miris apabila melihat bahwa masih ada saja kasus kriminalisasi terhadap guru dalam penegakan aturan sekolah. Selama guru masih berjuang mencerdaskan anak bangsa maka negara akan tetap berjalan pada kebenaran, namun sebaliknya jika guru ikut berbuat amoral dan anarkhis, siapa lagi yang akan mencetak generasi bangsa yang baik?

Tema-tema terkait refleksi Hari Guru dan beberapa tema lain seperti antikekerasan dapat Anda nikmati pada edisi kali ini. Akhir kata, selamat membaca dan selamat beraktivitas.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment