Majalah Media Edisi Februari 2022

By Administrator 11 Feb 2022, 07:06:14 WIB Majalah MEDIA
Majalah Media Edisi Februari 2022

Pembaca MEDIA yang budiman...................

Bulan ini kita dihadapkan pada situasi yang relatif kurang begitu aman, mengingat sejak Pandemi Covid-19 yang sudah mulai mereda kurang lebih 4 bulan terakhir ternyata masih muncul varian baru lagi omicron yang sudah mulai merambah Jawa Timur. Melihat perkembangan dinamika Covid-19 belakangan ini, situasi di lapangan hendaknya bisa menjadi pertimbangan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi meminta SMA/SMK yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di Jawa Timur tetap harus meningkatkan kewaspadaan dengan memaksimalkan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu disampaikan setelah pemerintah Provinsi Jatim mengumumkan temuan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Jawa Timur pada Minggu (2/1/2022).

Karena itu. untuk mengantisipasi varian omicron semakin meluas, protokol kesehatan di sekolah perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan, demikian menurut pak Wahid di Surabaya, Senin 3/1/2022. Dengan adanya temuan varian Omicron di Jatim, Dinas Pendidikan Jawa Timur belum bisa menerapkan PTM 100 persen. Sehingga, pelaksanaan PTM di masing-masing sekolah masih dilakukan secara terbatas demikian ujar pak Wahid. Sejauh ini ada beberapa sekolah yang sudah melaksanakan PTM 100 % namun ada pula beberapa pihak yang mengkritisi kebijakan PTM siswa di tengah penularan Covid-19 varian omicron. Meski begitu, Mendikbudristek memastikan aturan dalam SKB 4 menteri sudah memperhitungkan peningkatan kasus omicron. SKB 4 menteri telah mengakomodasi kebijakan PTM hingga PJJ 100 %, ini artinya ketentuan tersebut tidak memaksa PTM digelar secara penuh di tengah peningkatan kasus omicron.

Menurut pak Wahid, PTM hanya khusus untuk pembelajaran yang memang mengharuskan tatap muka. Sehingga PTM di sekolah hanya digelar selama tiga jam tanpa istirahat setiap harinya. Namun, setelah melaksanakan PTM di sekolah, siswa diharuskan mengikuti pembelajaran daring dari rumah masing[1]masing sampai ada perkembangan lebih lanjut. Mari kita semua tetap waspada dalam menghadapi situasi yang seperti ini. Jaga jarak, mematuhi protokol kesehatan adalah kunci agar kita semua terhindar dari wabah yang mengerikan itu.

Selamat membaca dan selamat beraktivitas.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 13 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment